Kamis, 02 Januari 2014

BISNIS ONLINE



Siapa yang tak kenal bisnis online? kata bisnis online sudah sering sekali kita dengar dikalangan masyarakat. Bisnis online adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan didunia maya (internet). Jadi media yang digunakan sebagai tempat jual belinya adalah internet.

Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia sangat besar. Contohnya dengan adanya pembuatan website, forum, dan blog inilah sebagai media yang bersifat sebagai jembatan antara penjual dan pembeli untuk saling memberi informasi sekaligus bertransaksi semakin hari semakin banyak saja, hal ini menunjukkan perkembangan situs-situs yang memiliki wadah untuk bisnis online semakin berkembang tiap waktu. Ditambah dengan berkembangnya dalam persaingan internet service provider yang memberikan fasilitas koneksi internet kepada penjual dan pembeli dalam bisnis online, supaya dapat terhubung secara online setiap saat dan dimanapun berada, sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mengakses situs-situs yang menawarkan produk dan jasa yang ingin mereka dapatkan. Apalagi pengguna perangkat mobile di Indonesia juga semakin berkembang, hampir tiap tipe handphone yang dimiliki oleh masyarakat pada masa kini memiliki fasilitas atau fitur untuk dapat koneksi ke internet, hal ini semakin memudahkan masyarakat supaya mendapatkan informasi-informasi terkini dalam bidang bisnis online.

Pengaruh Bisnis Online dalam Mengedukasi Masyarakat Indonesia 
Bisnis online merupakan salah satu bidang bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Semakin majunya teknologi dan penggunaan internet mendorong lahirnya berbagai jenis bisnis online, hal ini dikarenakan adanya kebutuhan akan permintaan masyarakat pada suatu produk atau jasa. Secara tidak langsung dan tanpa disadari hadirnya berbagai jenis bisnis online di Indonesia membuat masyarakat memiliki pilihan atau cara dalam memenuhi kebutuhan hidup. Tapi, sebenarnya kehadiran bisnis online di Indonesia tidak hanya sebatas alternatif dari bisnis di dunia nyata, bahkan jika kita mengetahuinya, ada nilai lebih dan segi positif bisnis online yang dapat membuat masyarakat menjadi lebih dewasa sebagai konsumen. Lalu, apa saja dampak dan perubahan yang dapat dibawa oleh bisnis online tersebut? Dalam artikel ini saya akan kupas tuntas mengenai efek positif bisnis online dalam mengedukasi kita sebagai konsumen. 

Bagaimana cara untuk dapat memenuhi kebutuhan? 
Dalam konteks sehari-hari, tentunya kita akan pergi ke suatu tempat yang menyediakan suatu produk/jasa yang kita butuhkan. Ya, ini adalah konsep lama, walaupun sampai saat ini kita tetap menggunakannya. Di sisi lain, konsep baru saat ini adalah dengan berbelanja atau memenuhi kebutuhan hidup melalui dunia online. Ya jual beli yang dilakukan melalui media dunia maya dengan menggunakan komputer, handphone, atau gadget lainnya. Konteksnya tentu lebih praktis, cepat, mudah, dan tidak terbatas dengan ruang dan waktu. Nah, tanpa kita sadari bisnis online ini memang memiliki dampak bagi kehidupan manusia, karena pada dasarnya kehadiran mereka mengedukasi kita sebagai individu/pribadi untuk mengenal dan merubah keempat hal dibawah ini, yaitu:

1.      Gaya hidup
Faktor gaya hidup adalah hal pertama yang mengedukasi masyarakat Indonesia. Adanya konsep dan cara baru yang diterapkan oleh pebisnis online membuat masyarakat harus mengenal suatu cara baru yang belum umum di Indonesia. Mereka harus mempelajari dan mengetahui tata caranya sehingga dapat mengetahui maksud dan tujuan dari layanan online yang ditawarkan. Proses ini tanpa disadari akan menuju ke perubahan gaya hidup manusia yang sebelumnya dilakukan secara manual dan biasa saja, lalu berubah ke arah gaya hidup modern, instan dan praktis. Perkembangan pesat di dunia teknologi ini memang faktor utama yang merubah berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang bisnis online. Maka dari itu, saat ini banyak jenis bisnis online yang muncul untuk melayani konsumen di Indonesia. 

Contoh mudah yang dapat kita lihat adalah perubahan gaya dalam cara pesan tiket pesawat. Jika sebelumnya konsumen memesan tiket pesawat melalui pihak maskapai ataupun agen travel lokal, saat ini konsumen memiliki alternatif lain dengan menggunakan jasa Online Travel Agent (OTA). Pemesanan tiket pesawat secara online sedang menjadi trend yang terus meningkat sering dengan berjalannya waktu. Dalam bisnis ini sudah ada beberapa nama ternama, antara lain Traveloka.com, Wego, Tiket2, dan Utiket. Mereka adalah penggerak yang berusaha untuk merubah paradigm/sudut pandang konsumen di Indonesia terhadap cara pemesanan tiket pesawat.

Giatnya sosialisasi konsep bisnis dan kelebihan yang ditawarkan membuat konsumen beralih dari cara lama ke cara yang baru. Otomatis, hal ini menjadi bagian dari gaya hidup baru di masyarakat Indonesia. Gaya hidup yang lebih praktis, dan instan untuk memenuhi kebutuhan tiket pesawat.

2.      Wawasan
Tanpa disadari perubahan gaya hidup konsumen di Indonesia terhadap konsep layanan bisnis online membuat wawasan mereka bertambah, khususnya pada konsep layanan yang berbasis teknologi tersebut. Konsumen menjadi lebih “smart” dalam mengetahui produk/jasa yang akan dipilihnya, karena rata-rata layanan online menyediakan berbagai informasi mengenai layanan mereka sedetail mungkin agar konsumen dapat menelaah dengan baik. Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan tambahan informasi yang dinginkan mengenai produk/jasa tertentu di dunia maya. Dalam konsep toko online misalnya, konsumen akan mengetahui detail produk yang dijual lengkap dengan penilaian dari konsumen yang pernah menggunakannya. Begitu juga dalam memesan tiket pesawat secara online, konsumen jadi lebih tahu berbagai peraturan/ketentuan yang dimiliki oleh pihak maskapai yang dipilih. Contohnya pihak Air Asia Indonesia yang cenderung menetapkan harga tiketnya diluar harga bagasi, begitu juga dengan peraturan tentang bayi, refund dan sebagainya. Semua informasi tersebut dapat membuat mereka menjadi lebih “open minded” dan cerdas dalam membuat keputusan yang tepat.

3.      Membuat Keputusan
Berkaitan dengan keputusan, bisnis online ini pada dasarnya memberikan berbagai pilihan untuk kemudahan konsumennya. Tujuan dari pebisnis online ini adalah agar konsumen dapat lebih mudah dalam membuat keputusan terbaik dan terhindar dari rasa penyesalan, dll. Konsep bisnis online ini sedikit banyak telah membantu konsumen menjadi lebih dewasa dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu contoh adalah ketika anda ingin membeli parfum, dalam konteks online anda pasti akan mencari dan membandingkan harga suatu parfum di berbagai tempat. Semua tergantung dari prioritas kita, apakah dari segi harga, kualitas, aroma atau merknya. Begitu juga dalam hal memesan tiket pesawat online. Jika anda ingin mencari tiket Jakarta-Bali, maka anda bisa menggunakan jasa OTA untuk mendapatkan semua harga dari berbagai maskapai di Indonesia. Hal ini tentu dapat memudahkan anda dalam mencari dan membandingkan harga dan level layanan dari tiap maskapai. Selain itu, konsumen juga dapat membandingkan kembali harga dari maskapai pada setiap layanan OTA. Saya biasanya membuka website Traveloka, Tiket2, Wego, Skyscanner, dll untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang termurah. Umumnya di antara layanan tersebut terdapat perbedaan harga satu sama lain pada tiket pesawatnya, bedanya memang tidak jauh, tetapi cara ini sangat membantu dan memudahkan konsumen dalam membuat keputusan terbaik.

4.      Kehidupan Sosial
Dalam kehidupan sosial, bisnis online ini ternyata ikut berperan juga mengarahkan konsumen dalam kehidupan sosialnya. Maraknya informasi di internet membuat konsumen terkadang bingung untuk mengetahui mana informasi yang valid atau tidak. Begitu juga dalam hal memilih dan memilah layanan online. Karena rentannya konsep bisnis ini akan penipuan, maka konsumenpun dituntut untuk lebih “aware” dan aktif melakukan aktifitas sosial walaupun hanya melalui dunia maya. Sering kita jumpai konsumen yang bertanya tentang suatu produk atau layanan online kepada ruang publik hanya untuk mengetahui kebenaran konsep suatu bisnis online. Dari proses ini, terjadilah komunikasi satu sama lain sehingga terbangun hubungan sosial dan keakraban di antara mereka, yang tentunya dapat berdampak positif.

  Dampak Bisnis Online

a. Dampak Positif

1.    Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. 
Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan Internet sukses meningkatkan penjualan via internet

2.     Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. 
Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen

3.  Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. 
Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline

4.    Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi.
 Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan,  juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan

5.     Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas, 
bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima system

6.      Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen, 
dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.

Dampak Negatif 

1. Dehidrasi.
Kita bisa dehidrasi karena terlalu lama berada di depan komputer atau laptop,jadi silahkan siapkan air putih dan banyak-banyak minum air putih saat bekerja di depan komputer.

2. Mata menjadi lelah
Mata kita juga akan lelah apabila tidak disegarkan sesekali dengan memandang ke luar rumah ( Memandangi benda-benda yang berada jauh dari pandangan,merupakan cara untuk menyegarkan mata dan fikiran)

3. Lupa Waktu
Karena Bisnis online sangat lah banyak sekali,kamu akan menemukan begitu banyak peluang2 yang menggoda saat menjalankan bisnis online kamu.jadi,jangan mudah tergoda dan kuatkan ketetapan hati untuk mengerjakan bisnis online secara teratur.Selesaikan satu persatu,jika menemukan peluang yang bagus,silahkan di simpan dulu di bookmark dan buka nanti setelah kerjaan kamu selesai.Jika tidak begitu,maka pekerjaan kamu tidak akan pernah ada yang selesai.  
Tetap berikan waktu untuk Makan,Nonton Tv ,Mendengarkan Musik ,Tidur ,Beribadah ,Melayani suami, Mengajak anak-anak bermain,menerima tamu,dll.
Jangan tinggalkan aktivitas nyata,pandai pandailah mengatur waktunya.Buatlah jadwal tersendiri.

4. Stress
,Karena banyak nya peluang bisnis online saat ini,kita harus pandai2 memilih.Jangan terlalu percaya dengan iklan2 atau ajakan orang lain sebelum meneliti nya terlebih dahulu,Ikuti saja yang pasti dan sudah terbukti akan menghasilkan.

5. Hati-hati dengan bisnis online yang membutuhkan investasi! Apa itu investasi?
Merupakan bisnis online yang mengharuskan membernya membayar sejumlah uang dan menjanjikan uang kita akan kembali kepada kita dengan jumlah yang lebih,memang tidak seluruhnya penipuan,namun berhati hatilah.



Kesimpulan :
Dengan adanya Bisnis Online masyarakat telah mempunyai ruang lingkup baru untuk berbisnis, selama hal tersebut tidak disalahgunakan makan adanya Bisnis Online tidak akan merugikan masyarakat malah memberikan keuntungan material kepada Masyarakat tersebut.


Sumber :

J. Djawil, 1991, Sistem Informasi untuk Manajemen Modern, Edisi 3,
Erlangga, Jakarta.
Turban, Efraim, R. Kelly Rainer, Richar E. Porter, 2006, Pengantar
Teknologi Informasi Edisi 3, Salemba Empat, Jakarta.
http://hewarati.blogspot.com/2013/10/pengaruh-bisnis-online-dalam.html
http://bisnisabdoels.blogspot.com/2012/02/dampak-positif-negatif-bisnis-online.html


6 komentar:

  1. Butuh Bandar Online terpercaya ?
    Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

    Menyediakan permainan ;
    Togel
    Live dd48 red blue

    serta memberikan prediksi terakurat

    Telp : +85581569708
    BBM : D8E23B5C
    Line : togelpelandi
    Skype: Togel Pelangi
    http://www.togelpelangi.com/

    BalasHapus
  2. Bingung mencari bandar togel terpecaya
    yuk gabung saja di togel pelangi 100% AMAN
    http://www.togelpelangi.com/

    BalasHapus
  3. Selamat malam bossku semua...
    Kamu Sering Kalah Main Judi?
    Sudah Tidak Jaman Lagi Kalah Main Judi
    Kami Hadir Dengan Inovasi Terbaru & Tercangih, Dengan Jackpot Yang Super Pasti & Gampang Untuk Menang Terus Di Setiap Hari .
    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.
    Tersedia 7 Games Dalam 1 User ID :
    New Game ------>> GAME SAKONG
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker
    Minimal Deposit Rp.15.000,-
    Minimal Withdraw Rp.15.000,-
    Promo Bonus Harian + Mingguan + Bulanan :
    - Bonus Deposit
    - Bonus Turn Over Harian 0.5%
    - Bonus Refferal 10% + 10%
    Untuk Informasi Lebih Lanjut Segera Hubungi CS Kami 24 Jam : www,royalqq,poker

    BalasHapus
  4. D A D U P O K E R

    Situs Judi Online BANDARQ 8 Games 1 ID
    Minimal Deposit 20 ribu ^^
    Jackpot Jutaan Rupiah SETIAP HARI !!!
    Hadirkan New games dengan Sistem Baru " BANDAR66 "

    HOT Promo Dadupoker Mei 2018 :
    (*) Bonus Referral 20%
    (*) Bonus Turn Over Hingga 0,5%
    (*) Jackpot Jutaan Rupiah ( Setiap Hari )
    (*) 1.000% NO Robot dan No Admin !!!

    Link Resmi : www.daduqq.com / www.daduqq.net

    Info Selengkapnya Hubungi kami :
    BBM : 2be2b4b7
    WA : +6281291417675
    FB : @dadudomino99com

    BalasHapus
  5. Belum Pernah Menang Dalam Bermain Poker Online ???
    Atau Ingin Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Modal Yang Sangat Minim???
    Segera Daftarkan ID Anda di SmsQQ Yang MerupakanAgen Judi Online Terpercaya

    Solusi Yang Tepat Hanya di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    - Tidak ada settingan apapun dalam permainannya 1000%
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor dan Tarik Dana akan di selesaikan dengan cepat,tepat dan akurat.Hanya memerlukan waktu 1-2 menit (Jika Tidak Ada Gangguan)
    - Kebanjiran Bonus disetiap Harinya
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5%
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Customer Service bersedia melayani Anda Selama 24 jam dengan pelayanan yang begitu sopan dan ramah.
    - Berkerja sama dengan 4 bank lokal : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    7 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    Tunggu Apa Lagi Bosku ?

    BalasHapus

  6. Download Aplikasi Live Chat BOLAVITA :
    Playstore / App Store : BOLAVITA Sabung Ayam
    Freechip 1 Juta Rupiah di www.bolavita.site Situs Judi Online Indonesia yang sudah berdiri lama ! Aman dan Mudah di akses !

    Sabung Ayam Live
    SPORTSBOOK
    CASINO LIVE
    SLOT
    DING-DONG
    BINGO
    TEMBAK IKAN
    BOLA TANGKAS
    TOGEL ONLINE

    Transaksi 24 Jam Online Tanpa Libur ! Daftarkan diri kamu sekarang juga !

    Hubungi Cs kami yang bertugas :
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita
    WeChat : BOLAITA
    BBM : BOLAVITA

    Lihat Prediksi Togel Online di www.angkamistik dan berita bola terbaru di bolavitasport.news

    BalasHapus

 

Copyright © andreymahdison Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger