Kamis, 02 Januari 2014

Peranan Internet Bagi Pendidikan


Internet adalah gabungan dari jaringan-jaringan komputer dalam skala luas dan besar, masing-masing pengguna dari computer dapat saling berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan menggunakan sebuah bahasa jaringan.
Internet telah menjadi sumber informasi yang tidak terbatas di dalam pendidikan. Dengan adanya internet, berbagai informasi dapat diperoleh secara mudah dan cepat. Kehadiran internet juga memberikan banyak manfaat lainnya, yaitu:
Memperluas cakrawala siswa. Kehadiran internet dengan segudang ilmu dari segala bidang menjadi pembuka cakrawala siswa. Dengan menggunakan internet, para siswa bisa memperoleh wawasan baru.
Akses ke berbagai informasi yang dibutuhkan terutama di dalam bidang studinya membuat para siswa lebih bisa memahami suatu hal dengan lebih mudah. Beberapa contoh ilmu yang bisa dengan mudah diperoleh di internet seperti sejarah, teknologi dan berita dunia.
Belajar jarak jauh. Salah satu peranan penting internet dalam pendidikan adalah kesempatan untuk belajar jarak jauh. Saat ini, belajar berbagai hal sudah tidak harus dilakukan secara langsung tatap muka dengan staf pengajar.
Dengan adanya internet dan fasilitas e-learning yang ada siswa dapat belajar berbagai hal secara online. Beberapa kursus juga bisa dilakukan melalui internet seperti kursus menulis, menggambar, komputer dan bahasa. Internet memberikan kesempatan yang luas bagi anak-anak di manapun untuk berkembang di berbagai bidang.
Mengembangkan inisiatif dan kreatifitas siswa. Kehadiran internet dalam pendidikan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari dan menimba ilmu lebih lagi. Di dalam pendidikan secara konvensional, guru layaknya orang yang memberikan suapan ilmu kepada siswa-siswanya.

Dengan adanya internet, guru bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyuapi diri sendiri. Siswa akan dipacu untuk lebih memiliki inisiatif di dalam mencari berbagai ilmu pengetahuan yang berpikir kreatif di dalam mengembangkan kemampuannya.
Kesempatan yang lebih luas untuk seluruh siswa. Ada banyak informasi beasiswa yang diberikan oleh berbagai organisasi, perusahaan dan instansi. Internet memperluas informasi ini ke seluruh siswa dimanapun mereka berada.
Dengan adanya internet, setiap siswa di seluruh pelosok negeri mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Dengan kata lain, batasan wilayah dan pulau tidak lagi menjadi hambatan dalam mengambil setiap kesempatan yang ada.
Masih banyak lagi peranan internet dalam pendidikan, seperti pembelajaran yang interaktif, informasi yang terbaru dan aktual, perpustakaan yang tidak terbatas dan lain sebagainya. Yang terpenting di dalam penggunaan internet adalah kesadaran setiap siswa untuk mengambil sisi positif internet dan menjauhi segala pengaruh negatif internet.

Diera globalisasi, negara-negara diberbagai belahan dunia sudah tidak ada lagi batas dalam memperoleh informasi. Dalam waktu yang sama di tempat berbeda dengan jarak yang jauh sekalipun orang saling bertukar informasi dana berkomunikasi. Kemajuan teknologi informasi ini tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis, akan tetapi dunia pendidikan juga ikut merasakan manfaatnya. Perkembangan teknologi informasi lebih terasa menfaatnya dengan hadirnya jaringan internet yang memanfaatkan satelit sebagai media transformasi. Hadirnya internet sebagai sumber informasi ini sangat memungkinkan seseorang untuk mencari dan menyebarkan segala ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk penemuan penelitian keseluruh dunia dengan mudah, cepat, dan murah, sehingga pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat lebih cepat dan merata. Dengan demikian segala informasi yang ada di internet dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

Pengertian internet itu sendiri adalah jaringan (Network) komputer terbesar di dunia. Jaringan berarti kelompok komputer yang dihubungkan bersama, sehingga dapat berbagi pakai informasi dan sumber daya (Shirky, 1995:2). Dalam internet terkandung sejumlah standar untuk melewatkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya, sehingga jaringan-jaringan di seluruh dunia dapat berkomunikasi.
Sidharta (1996) memberikan definisi yang sangat luas terhadap pengertian internet. Internet adalah forum global pertama dan perpustakaan global pertama dimana setiap pemakai dapat berpartisipasi dalam segala waktu. Karena internet merupakan perpustakaan global, maka pemakai dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar.

Sedangkan pengertian lain mengenai internet adalah media yang sangat efektif dalam upaya update informasi dan mencari trasferan ilmu pengetahuan bagi seorang pendidik. Gaptek adalah sebutan yang tepat bagi pendidik yang tidak mampu mengoperasikan computer dan tidak tahu dengan internet, padahal di dunia maya—internet tersebut banyak sekali yang bisa dididapatkan. Informasi di internet sangat lengkap, dari yang bertaraf nasional hingga internasional semua ada disini.
Secara umum dapat dikatakan bahwa internet adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan saling hubungan antar jaringan-jaringan komputer yang sedemikian rupa sehingga memungkinkan komputer-komputer itu berkomunikasi satu sama lain.

Teknologi di dalam dunia pendidikan merupakan bagian dari konsep teknologi pendidikan berupa media untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar. Potensi penggunaan teknologi dalam pendidikan berhubungan dengan usaha untuk meningkatkan produktivitas pendidikan. Internet adalah salah satu contoh teknologi yang sangat bermanfaat untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan pendidikan.
Pada saat ini internet telah menjadi teknologi yang sangat penting untuk berbagai aspek. Baik aspek pendidikan, aspek kebudayaan, aspek ekonomi, aspek sosial dan lain sebagainya. Ada pun untuk aspek pendidikan, internet sangat dirasakan manfaatnya baik untuk lembaga pendidikan, untuk tenaga pendidik dan untuk anak didik tersebut.

Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan :
1. Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan.
Internet merupakan sumber ilmu pengetahuan yang instant, sehingga dengan memasukan internet kedalam sistem pendidikan dapat membantu siswa dalam mendapatkan berbagai informasi secara cepat dan tepat melalui media internet.

2. Sebagai Sumber Tambahan Pelajaran Yang Belum Dimengerti  Di Sekolah.
Sejatinya pada lingkungan sekolah siswa belum tentu mengerti 100% mengenai pelajaran yang telah dipelajari, dalam hal inilah internet mengambil perannya sebagai alat bantu tambahan pelajaran, dengan internet siswa dapat mencari bahan-bahan ajar yang belum ia mengerti.

3. Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-Cara Penggunaan Komputer.
Dengan banyaknya manfaat internet, siswa tentunya dituntut untuk bias mengoperasikan computer dengan baik dan benar.

4. Sebagai Sarana Komunikasi.
Internet sebagai alat komunikasi juga dapat diaplikasikan pada dunia pendidikan, seperti contoh internet mempermudah komunikasi antar siswa dan guru, hal tersebut dapat melalui email maupun media social.

Metode Pembelajaran Melalui Internet ?
Pembelajaran berbasis internet bagi siswa sekolah dasar sudah seharusnya mulai dikenalkan. Untuk itu para guru hendaknya sudah tahu lebih dahulu tentang dunia internet sebelum menerapkan pembelajaran tersebut pada siswa. Persiapan yang tak kalah pentingnya yaitu sarana komputer. Tentu saja dalam hal ini hanya dapat diterapkan di sekolah-sekolah yang mempunyai fasilitas komputer yang memadai. Walaupun sebenarnya dapat juga diusahakan oleh sekolah yang tidak mempunyai fasilitas komputer misalnya dengan mendatangi warnet sebagai patner dalam pembelajaran tersebut.

Setelah semua perangkat untuk pembelajaran siap, guru mulai melakukan pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar internet. Bagi siswa sekolah dasar tentu saja akses-akses yang ringan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diajarkan. Disinilah kepiawaian seorang guru ditampilkan dalam mendampingi, membimbing dan mengolah metode pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai.

Beberapa metode yang dapat dilakukan oleh guru, diantaranya: diskusi, demonstrasi, problem solving, inkuiri, dan descoveri. Guru memberikan topik tertentu pada siswa, kemudian siswa mencari hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut dengan mencari (down load) dari internet. Guru juga dapat memberikan tugas-tugas ringan yang mengharuskan siswa mengakses dari internet, suatu misal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa dapat mencari karya puisi atau cerpen dari internet. Siswa juga dapat belajar dari internet tentang hal-hal yang up to date yang berkaitan dengan pengetahuan. Guru memberi tugas pada siswa untuk mencari suatu peristiwa muthakir dari internet kemudian mendiskusikannya di kelas, lalu siswa menyusun laporan dari hasil diskusi tersebut.

Pentingnya pemahaman internet untuk orangtua dan guru
Bagaimana pun, orangtua dan guru harus paham beberapa hal mendasar mengenai Internet. Sebab kalau tidak, orangtua dan guru kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam menyikapi anak didiknya yang sudah Internet-minded. Sebuah kajian mengenai penerapan ICT (Information and Communication Technology) di sekolah yang di dalamnya termasuk Internet, menganalisa perubahan-perubahan atau penyesuaian-penyesuaian yang mau tidak mau harus dilakukan oleh para guru. Dalam bentuk tabel disajikan seperti di bawah ini:
Yang harus diperhatikan dalam melakukan monitoring atau supervisi penggunaan internet oleh anak adalah:
a.Di mana fasilitas Internet ada di sekolah? Di perpustakaan, ruang Internet, di kelas, di ruang multi media? Siapa yang melakukan pengawasan terhadap penggunaan Internet?
b.Bagaimana bunyi peraturan di setiap tempat tersebut?
c. Apa resiko-resikonya? E-mail berantai? Chatting? Akses ke situs-situs yang tidak sesuai? Posting hal-hal yang tidak baik mengenai seseorang secara terbuka? Bagaimana dengan kemungkinan pelanggaran hak cipta?
d. Apakah software filter diaktifkan? Bagaiman cara kerjanya? Bagaimana dengan resiko filter yang terlalu ketat sehingga situs yang bermanfaat malah tidak bisa diakses dan sebaliknya bila terlalu longgar sehingga banyak situs yang tidak cocok yang bisa terakses. Apa yang dilakukan apabila siswa ingin mengakses situs yang di-blok?
e. Bagaimana peraturan mengenai download? Apakah siswa sudah diberitahu mengenai kemungkinan file yang di-download terkena virus dan kemudian menyebar?
f. Apakah nama lengkap siswa, foto, nomor telpon sekolah, rumah, nama orangtua, alamat, dan sebagainya juga ditampilkan dalam website sekolah?
g. Bagaimana dengan kemungkinan mereka akan mendapatkan gangguan dari orang yang tidak bertanggungjawab?

Permasalahan Internet Bagi Pendidikan Di Indonesia
Penjabaran di atas tentunya membawa kita pada pertanyaan mengapa kita belum banyak menggunakan Internet untuk keperluan pendidikan di Indonesia. Ada beberapa alasan, dimana sebagian akan diungkapkan pada bagian-bagian di bawah ini :
1.  Kurangnya penguasaan bahasa Inggris. Suka atau tidak suka, sebagian besar informasi di Internet tersedia dalam bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu keunggulan (advantage).
2.  Kurangnya sumber informasi dalam bahasa Indonesia. Kita sadari bahwa tidak semua orang Indonesia akan belajar bahasa Inggris. Untuk itu sumber informasi dalam bahasa Indonesia harus tersedia. Saat ini belum banyak sumber informasi pendidikan yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Konsep berbagi (sharring), misalnya dengan membuat materi-materi pendidikan di Internet, belum merasuk. Inisiatif langka seperti ini sudah ada namun masih kurang banyak. Contohnya:
3.  Akses Internet masih mahal. Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet masih mahal. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih murah di masa yang akan datang. Diharapkan akselerasi penurunan harga menjadi fokus utama dari Pemerintah. Mekanisme lain adalah adanya subsidi dari pemerintah untuk institusi pendidikan.
4.  Akses Internet masih susah diperoleh. Beberapa daerah di Indonesia masih belum memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk mengakses Internet.
5.  Guru belum siap. Guru di Indonesia masih belum siap untuk menggunakan Internet sebagai bagian dari pengajarannya. Padahal guru merupakan salah satu pengguna yang dapat memanfaatkan Internet sebaik-baiknya. Salah satu contohnya adalah mencari soal-soal latihan untuk kelasnya. Jika setiap guru di Indonesia membuat dua (2) soal dan menyimpannya di Internet, maka akan ada ribuan bahkan bisa jutaan soal yang dapat digunakan untuk latihan di kelas.

Kesimpulan :
Peranan internet sebagai media pembelajaran merupakan suatu hal vital dalam sistem pendidikan, dengan adanya internet segela keterbatasan dalam sistem pendidikan dapat diselesaikan, seperti hal sumber informasi, jarak komunikasi, dan hal-hal lainnya.

Sumber :
http://www.termasmedia.com/?opsion=com_content&view=article&id=71&cadid=65
http://www.camsh.com/internet/manfaat-internet-bagi-pelajar-pendidikan-dan-masyarakat.html
http://tamacage.blogspot.com/2008/10/peran-internet-dalam-dunia-pendidikan.html
http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2013/06/manfaat-internet-bagi-pendidikan.html
http://pendidikankelompoksatu.blogspot.com/2011/05/peran-internet-dibidang-pendidikan.html



11 komentar:

  1. Butuh Bandar Online terpercaya ?
    Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

    Menyediakan permainan ;
    Togel
    Live dd48 red blue

    serta memberikan prediksi terakurat

    Telp : +85581569708
    BBM : D8E23B5C
    Line : togelpelandi
    Skype: Togel Pelangi
    http://www.togelpelangi.com/

    BalasHapus
  2. Bingung mencari bandar togel terpecaya
    yuk gabung saja di togel pelangi 100% AMAN
    http://www.togelpelangi.com/

    BalasHapus
  3. Salam Hangat Dari royalQQ untuk semua Juragan Juragan ??
    Kini Hadir Game Terbaru : ==> GAME SAKONG
    Jangan ditunggu lagi para Juragan yang ingin mencari agen poker terpercaya dan tanpa ROBOT/ADMIN
    Kami hadir Berkat Para Juragan yang ingin bermain Poker dengan Sportif
    Ayo Juragan, Jangan ditunda lagi... Segerah Bergabung Bersama Kami Di RoyalQQ
    Kami Juga Menyediakan Berbagai Promo2 Untuk Para Member RoyalQQ.
    Disini kami juga menyediakan CS yang siap melayani Para Juragan Dengan Sebaik-baiknya (24jam/hari).
    Minimal Depo Dan WD: Min DEPO 15RB & Min WD 15RB
    Dijamin Proses Depo Dan Wd Yang Tercepat.

    BalasHapus
  4. Acepoker99

    Situs game online terbaik di indonesia.

    Jika Web Kami (Acepoker99 .com) Terkena Internet Positif/ERROR/Connetion Timed Out.
    Silakan Akses dari Via GOBEBAS.COM dan Masukan Link Kami Yah Bosku :)

    Rasakan sensasi permainan 100% Player Vs Player dengan minimal Deposit / Withdraw sebesar Rp.25.000.

    Bonus luar biasa yang kami hadirkan berupa :

    * Bonus Referral 20%.
    Ajak teman-teman anda bermain bersama anda di AcePoker99 .net, potongan meja kemenangan teman anda akan kami kali sebanyak 20% dan akan di bagikan secara otomatis tanpa di claim.


    * Bonus Double Cashback 0.5%
    Kumpulkan Turnover mu sebanyak - banyak nya dalam 1 minggu, kami akan membagikan bonus turnover kepada anda yang berhasil mengumpulkan minimal 1 juta Turnover, semakin banyak turnover yang kalian raih, semakin banyak juga bonus yang kalian dapatkan.

    AcePoker99 juga menyediakan 8 Games dalam 1 User ID:
    - Poker Online
    - Domino QQ
    - Bandar Q
    - Bandar Poker
    - Capsa Susun
    - Adu Q
    - Sakong Online
    - Bandar66

    Dan sebentar lagi akan keluar permainan baru lagi:
    - Bandar66
    Jangan sampai ketinggalan ya guys.

    Dibantu dengan 5 bank local aktif untuk mempermudah transaksi :
    BCA, BNI (24JAM), BRI(24JAM), MANDIRI (24JAM), DANAMON (24JAM)

    Ayo !! Buruan gabung bersama kami dan rasakan sensasi bermain bersama kami !

    Link >> www. Acepoker99 .net
    Link Alternatif >> www. Acepkr99 .com & www. Acepkr99 .net

    BBM : D8986EBB
    WECHAT : AcePkr
    WHATSAPP : +85587698009

    BalasHapus
  5. Selamat Datang Di TERBAIKQQ Agen Poker Online Terpercaya Indonesia.

    Bonus PROMO :

    * BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 20%

    * BONUS NEXT DEPOSIT 5%

    * BONUS REFERRAL 15%

    * BONUS ROLLINGAN 0.5%

    1 User All Games:

    * Pokerterbaik

    * DOMINOQQ

    * CemeKeliling

    * BandarCeme

    * BandarCapsa

    * LIVEPOKER

    PROSES DEPO dan WD TERCEPAT, AMAN, TERPERCAYA

    WITHDRAW TANPA ADA BATASAN.

    SUPPORT BANK : BCA , BNI , MANDIRI dan BRI

    Ikut serta dalam Turnament Poker Terbesar Se-Asia

    Dengan Hadiah Puluhan Juta Rupiah Setiap Hari

    100% GUARANTEED FAIR PLAY NO ROBOT NO ADMIN

    (PLAYER X PLAYER)

    CS 24 JAM RESPONSIVE SIAP MELAYANI ANDA MELALUI

    * LIVECHAT

    * BBM : DBE11131

    * WA +6281387018979

    * LINE : terbaikqq

    * WECHAT : terbaikQQ

    * Facebook Fanspage : Situs TerbaikQQ

    * Twitter : terbaikQQ

    *Skype : terbaikQQ

    Link web : www.TerbaikQQ.com

    / www.MontokQQ.com

    SITUS JUDI GAME POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

    BalasHapus
  6. D A D U P O K E R

    Situs Judi Online BANDARQ 8 Games 1 ID
    Minimal Deposit 20 ribu ^^
    Jackpot Jutaan Rupiah SETIAP HARI !!!
    Hadirkan New games dengan Sistem Baru " BANDAR66 "

    HOT Promo Dadupoker Mei 2018 :
    (*) Bonus Referral 20%
    (*) Bonus Turn Over Hingga 0,5%
    (*) Jackpot Jutaan Rupiah ( Setiap Hari )
    (*) 1.000% NO Robot dan No Admin !!!

    Link Resmi : www.daduqq.com / www.daduqq.net

    Info Selengkapnya Hubungi kami :
    BBM : 2be2b4b7
    WA : +6281291417675
    FB : @dadudomino99com

    BalasHapus
  7. Belum Pernah Menang Dalam Bermain Poker Online ???
    Atau Ingin Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Modal Yang Sangat Minim???
    Segera Daftarkan ID Anda di SmsQQ Yang MerupakanAgen Judi Online Terpercaya

    Solusi Yang Tepat Hanya di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    - Tidak ada settingan apapun dalam permainannya 1000%
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor dan Tarik Dana akan di selesaikan dengan cepat,tepat dan akurat.Hanya memerlukan waktu 1-2 menit (Jika Tidak Ada Gangguan)
    - Kebanjiran Bonus disetiap Harinya
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5%
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Customer Service bersedia melayani Anda Selama 24 jam dengan pelayanan yang begitu sopan dan ramah.
    - Berkerja sama dengan 4 bank lokal : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    7 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    Tunggu Apa Lagi Bosku ?

    BalasHapus
  8. Rasakan Sensasi Berbeda Dengan Bermain Tembak Ikan Bersama Kami Bola Vita. Daftar Sekarang Juga Dan Klaim Bonusnya Sekarang Juga! Langsung Kunjungi Website Kami Sekarang Boss www,bola vita,site !
    Atau Silakan Kontak Kami Dibawah Ini :
    WA: 0812-2222-995 !
    BBM : B-O L- A-V-I-T-A
    WeChat : BOLAVITA
    Line : cs_bolavita

    KLIK = PREDIKSI AKURAT TOGEL SINGAPURA

    BalasHapus
  9. Kini Anapoker bisa anda mainkan dimana dan kapapun saja.

    Anapoker kini sudah bisa bertransaksi melalui OVO

    Dengan kehadiran OVO, sungguh praktis.

    Para member bisa melakukan transaksi melalui OVO, untuk deposit maupun withdraw.

    Segera bergabung di ANAPOKER.

    Anapoker termasuk ke dalam:

    PROMO BONUS MENARIK

    POKER ONLINE TERBAIK

    AGEN POKER TERPERCAYA

    SITUS POKER TERPERCAYA

    JUDI POKER ONLINE

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami di:
    WEBSITE : https://bit.ly/2PjtUh4
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    WA : 0852-2255-5128 .

    Terima kasih .. Salam Agens128 :)

    BalasHapus

 

Copyright © andreymahdison Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger